Gusdurian Ngapak bukan forum politik praktis lho..

NgapakNEWS – Memperingati satu Suro beberapa waktu lalu, Gusdurian Ngapak Kebumen mengadakan acara sarasehan. Tema sarasehan: “Memaknai Satu Syuro untuk Indonesia yang Damai”. Acara dilaksanakan di Aula SMP Pius Bhakti Utama, Jl. Pahlawan Kebumen, 27 November 2011, pukul 19.00-23.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut adalah para Gusdurian dari Kebumen dan sekitarnya. Mereka adalah para  tokoh agama, aktivis berbagai organisasi masyarakat sipil serta warga Kebumen. Jumlahnya sekitar 60an orang.

Di awal acara, koordinator Forum Gusdurian Ngapak, Akhmad Murtajib menyampaikan sambutannya. Pertama-tama kang Tajib, demikian beliau biasa dipanggil, memberikan penjelasan tentang Forum Gusdurian Ngapak. Penjelasan disampaikan karena ternyata masih ada pihak-pihak yang “curiga” dengan forum Gusdurian. Kecurigaan karena forum ini dianggap sebagai sama dengan forum politik praktis.

“Gusdurian Ngapak itu bukan forum politik praktis lho. Ia  tidak ada hubungannya dengan partai politik,” kata kang Tajib. Gusdurian adalah komunitas yang didalamnya adalah orang-orang dengan latar belakang agama dan disiplin ilmu, serta berbeda-beda aktivitasnya. Yang menyamakan mereka adalah, bahwa mereka itu mencintai pemikiran serta berusaha untuk melanjutkan perjuangan Gus Dur.

Lebih lanjut, Kang Tajib menceritakan bahwa Gusdurian itu ada dimana tempat di seantero Indonesia, bahkan juga luar negeri. Untuk di Kebumen dan sekitarnya, kita beri nama Gusdurian Ngapak. Jadi, Gusdurian Ngapak itu adalah forumnya warga ngapak atau warga yang tinggal di daerah berbahasa ngapak. “Tapi sajane siapapun bisa bergabung di forum ini meskipun tidak ngapak,” imbuhnya.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan sarasehan dengan narasumber  berbagai tokoh: Pendeta Tanaya (GKI Kebumen), Romo Sumanto (Roko Katolik dari Gereja Paroki St. Yohanes Maria Vianney), Sukirman (aliran kepercayaan), Agus Hasan (Aktivis Muhammadiyah), Kholid Anwar (Aktivis NU), dan Akhmad Suaedy (The Wahid Institut Jakarta).

Sarasehan dipandu oleh Marifun Arif SAg, aktivis muda NU Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s